Binomo: Trading, Investasi atau Judi?

Pada platform Binomo yang menggunakan sistem binary option, pada umumnya hal yang paling menyesatkan adalah digunakannya istilah "Trading" dan "Investasi". Penggunaan istilah-istilah itu tentunya untuk membuat ia terkesan keren dan menjanjikan, padahal? Jauh dari pengertian yang sebenarnya.

Binomo: Trading, Investasi atau Judi?
Budi Setiawan, talent iklan Binomo yang sempat viral 2020 silam. Sumber : Iklan Binomo

Jika kamu penonton setia Youtube, rasanya mustahil jika kamu tidak mengetahui iklan Binomo yang sempat viral di tahun 2020 silam. Iklan ini menggiring ketertarikan masyarakat melalui talent yang mengaku sebagai "trader profesional". Iming-iming dapat menghasilkan uang tanpa keluar rumah menjadi tagline kuat yang mereka tonjolkan. Ditambah dengan proses pendaftaran yang mudah dan murah, memperkuat image menarik dan menggiurkan yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, mari kita kupas bersama mengenai Binomo yang sampai saat ini masih eksis meski telah berkali-kali diblokir oleh pemerintah kita. Melalui penggambaran sederhana dan semudah mungkin tentang seluk beluk dan cara kerja aplikasi tersebut, harapannya di akhir artikel ini kamu yang sebelumnya tertarik untuk mencoba peruntunganmu di sana bisa mengambil kesimpulan akan melanjutkan atau justru menyudahi saja keinginanmu itu.

Binomo adalah sebuah platform trading saham dan mata uang asing yang dilakukan oleh broker yang menggunakan sistem binary option. Binary option sendiri adalah sebuah permainan sederhana yang berlandaskan dua kemungkinan, yaitu Win or Lose. Menang atau kalah. Kamu diminta untuk menebak harga akan naik atau turun pada instrumen trading dalam kurun waktu yang pendek, mulai dari satu menit hingga satu jam.

Oleh sebab itu Binomo memiliki daya tarik yang kuat. Sistem yang dipakai sangat mudah untuk dipelajari, waktu bermain yang singkat, serta iming-iming kaya mendadak. Ketiga hal tersebut cocok sekali untuk mereka-mereka yang malas belajar, malas bekerja, pengin yang pasti-pasti saja dan ingin mendapatkan uang yang banyak secara instan. Kombinasi yang komplit sehingga Binomo mudah sekali untuk menarik minat banyak orang.

Tapi masalah terbesar dari Binomo adalah gimik-gimik yang menyesatkan, yang mengubah tebak-tebakan seolah menjadi analisis, gambler tapi menyebutnya trader, dan spekulasi disulap menjadi investasi. Di Binomo atau di binary option pada umumnya hal yang paling menyesatkan adalah digunakannya istilah Trading dan Investasi. Penggunaan istilah-istilah itu tentunya untuk membuat ia terkesan keren dan menjanjikan, padahal? Jauh dari pengertian yang sebenarnya. Mari simak penjelasan berikut.

Penggunaan kata "Smart Investment" pada website Binomo yang menyesatkan. Sumber : Website Binomo

Sebelumnya buat teman-teman yang belum paham apa itu trading, trading artinya jual beli, pelakunya disebut trader. Saat kita membeli sebuah aset dan menjualnya dengan harga yang lebih mahal daripada harga saat kita beli, maka itu disebut keuntungan. Namun jika kita menjualnya dengan harga lebih rendah daripada harga saat kita beli, maka itu disebut kerugian. Sama seperti trading, mereka bisa untung maupun rugi baik dalam nilai yang besar maupun kecil tergantung pada kondisi pasar. Namun trader bisa menahan asetnya untuk tidak menjual sebab mempertimbangkan untung dan rugi setelah menganalisis kondisi pasar. Sedangkan di Binomo, kamu hanya punya dua pilihan dalam waktu yang sempit, untuk untung hampir 2x lipat atau malah habis sama sekali. Lalu, apakah pemain Binomo bisa disebut trader? Atau malah gambler?

Begini misalnya, kamu membeli pasangan mata uang EUR-USD di harga saat ini, yaitu 1. Kamu membeli sebanyak 1000 perak dan membuat prediksi jika dalam 10 menit ke depan harga akan naik. Dan benar, dalam 10 menit harga EUR-USD ternyata naik menjadi 1,1 yang menandakan prediksimu benar. Dengan begitu kamu mendapatkan keuntungan 100% dari hasil prediksimu, dengan pembagian 80% untukmu dan 20% menjadi hak Binomo. Sehingga uangmu menjadi 1800 dan pihak Binomo mendapat 200 perak sebagai potongan komisi atas keuntungan yang kamu dapatkan.

Lalu apa yang aneh dalam skema ini? Coba telaah secara teliti, sebenarnya kenaikan harga EUR-USD tadi hanya 10% bukan? Dari 1 menjadi 1,1. Itu tandanya kamu hanya bisa menjual asetmu 1100 perak saja, dengan rincian 1000 adalah modalmu dan 100 adalah keuntungannya, mengapa malah menjadi 1800?. Sekarang mari kita balik, jika ternyata dalam 10 menit ke depan harga EUR-USD turun menjadi 0,9 yang menandakan prediksimu salah, alih-alih hanya mengalami kerugian 10% sehingga modalmu yang tadinya 1000 berkurang 100 menjadi 900, tapi di Binomo tidak. Uangmu 1000 perak tadi akan habis tanpa sisa. Hmmm.

Tampilan dalam platform Binomo. Sumber Foto : akseleran.co.id

Gimana nih? Sudah cukup bisa dimengerti? Atau masih bikin bingung?

Saya coba gambarkan dengan contoh yang lebih sederhana ya, misalnya dengan Apel. Kamu membeli apel dengan harga 1000 perak, karena permintaan yang banyak harga apel di pasar menjadi 1100 perak. Sebab melihat ada keuntungan 100 perak disitu maka kamu memutuskan menjual apelmu. Berapa uang hasil penjualanmu itu? Apakah menjadi 1800 perak? Tentu tidak. Uang hasil penjualanmu tentu menjadi 1100 perak.

Namun bagaimana jika ternyata permintaan apel di pasar menurun sehingga harga apel turun 10% menjadi 900 perak? Seharusnya kamu tetap bisa menjualnya 900 perak dan hanya mengalami kerugian 100 perak saja bukan? Bukan malah uangmu habis menjadi nol. Hmmm ya seperti itulah gambaran mudah cara kerja Binomo atau binary option pada umumnya. Tidak peduli berapapun kenaikan dan penurunannya, jika prediksimu salah, maka asetmu akan habis begitu saja.

Itulah menariknya Binomo, kamu gak perlu ribet-ribet mencari pengertian trading beserta istilah-istilah rumitnya, karena sejatinya di Binomo trading hanyalah gimik belaka. Yang ada hanyalah Menang atau Kalah, Untung atau Buntung. Karena kita sebenernya tidak menjual atau membeli aset apapun, melainkan kita mempertaruhkan uang milik kita di Binomo. Sampai di sini, bisakah kita menyebut Binomo adalah “bandar”-nya? Dan semua aktivitas di dalamnya adalah Judi?

Banyak pemain Binomo tak memedulikan hal ini sebab gimik trading dan investasi yang diciptakan oleh Binomo. Sebuah salah kaprah dan godaan yang menarik banyak orang dalam pusaran gelap yang mengerikan. Sebab jika bertaruh pada pertandingan sepak bola kita tahu jelas bahwa itu adalah judi, tapi jika kita bertaruh pada instrumen market pada binary option, kita justru menganggapnya sebagai trading atau investasi.

Setelah kita membahas soal trading, maka selanjutnya apa itu Investasi? Menurut Benjamin Graham (gurunya Warren Buffet investor paling hebat sedunia), dalam bukunya yang berjudul “Seccurity Analysis”, tindakan investasi adalah tindakan yang melalui analisis menyeluruh, menjanjikan keamanan pada dana pokok dan memberikan keuntungan memadai, tindakan yang tidak memenuhi persyaratan itu disebut sebagai spekulasi.

Buku "Seccurity Analysis" karya Benjamin Graham. Sumber Foto : Amazon.com

Nah.. sampai di paragraf ini sudah bisakah kamu menyimpulkan apakah sebenarnya Binomo itu? Trading kah? Investasi? Atau Judi? Silakan simpulkan sendiri.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasanmu agar lebih berhati-hati dalam memiih instrumen investasi, sebab jika apa yang kita jalankan termasuk dalam judi maka itu tidak ada bedanya dengan perbuatan setan, berdasarkan QS. Al-maidah ayat 90 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْاَنْصَابُ وَالْاَزْلَامُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطٰنِ فَاجْتَنِبُوْهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum arak), berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah adalah perbuatan keji, termasuk perbuatan setan, maka jauhilah perbuatan itu agar kamu mendapatkan keberuntungan”.

Redaktur : Dyah Ayu N. Aisyiah